Perubahan dan Tantangan di Masa Disrupsi

Judul              : Disruption

Penulis          : Rhenald Kasali

Penerbit        : Gramedia

ISBN              : 978-602-03-3868-2

Changes is inevitable, progress is optional” – Tony Robbins.

Disruption ini merupakan buku ke-32 karya Prof. Rhenald Kasali. Buku setebal 496 halaman ini mengupas tentang fenomena disruption yang terjadi besar-besaran di seluruh dunia.

Prof. Rhenald membagi buku ini ke dalam lima bagian yaitu suatu seting baru, dari aplikasi mencari teori, menyerang atau diserang, mindset, akibat-akibat.

Bagian pertama mendeskripsikan apa itu disruption, efeknya pada berbagai sektor, dan perubahan pasar industri disertai para “pemain baru” yang mulai mencuri perhatian pangsa dari para incumbent.

Bagian kedua, membahas mengenai kemunculan beberapa gelombang yang diakibatkan oleh fenomena disruption. Salah satunya yaitu bagaimana internet mengakomodasi hampir seluruh kebutuhan dalam kehidupan manusia atau internet of things.

Pada bagian ketiga dan keempat, pembaca diajak untuk menyelami bagaimana perubahan bisa terjadi akibat fenomena disruption dan mindset apa yang dapat ditempuh agar bisa menghadapi perubahan. Hal yang menarik, khususnya pada bagian empat, Prof. Rhenald menjabarkan beberapa model bisnis – yang pada saat diterbitkan buku ini masih awam – yang kini mulai menjamur. Salah satunya adalah access over ownership model yang diimplementasikan oleh platform seperti GoJek, Grab, dan Uber.

Penjelasan mengenai dampak akibat disruption ada di bagian terakhir. Beberapa hal yang disebutkan mengenai dampak dari disruption antara lain kemajuan teknologi yang kian cepat.

Dengan gaya penulisannya yang dilengkapi dengan data-data, buku ini menurut MinPus sangat direkomendasikan, apalagi untuk Sobat Perpus yang bekerja di instansi pemerintah yang sedang menari insight mengenai terobosan ataupun perubahan.

“some people don’t like changes, but you need to embrace change if the alternative is disaster” – Elon Musk. (hal. 89)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *